Friday, February 19, 2016

SILATURAHMI PARA AHLI KECANTIKAN DAN PENGUSAHA SALON LAMTIM

Purbolinggo, LMP - Puluhan ahli kecantikan dan pengusaha salon yang tergabung dalam suatu wadah organisasi yang bernama "Tiara Kusuma dan Katalia" Lampung Timur dengan pimpinan Eka Setiawati, belum lama ini telah mengadakan kegiatan acara silaturahmi bertempat dikediaman Aminah Ketut Wicaksana warga Desa Taman Cari Kecamatan Probolinggo Kabupaten Lampung Timur. Acara silaturahmi itu adalah kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan secara bergilir dengan berpindah tempat, yakni dari rumah - kerumah para pengurus dan anggota  berdasarkan hasil kesepakatan yang diisi dengan kegiatan arisan.

Ketua organisasi tiara kusuma dan kataria Lamtim Eka Setiawati menjelaskan bahwa kegiatan silaturahmi tersebut adalah sebagai aktivitas rutin bulanan. Kegiatan itu bertujuan untuk menyampaikan informasi bagi para ahli kecantikan dan pengusaha salon tentang adanya inovasi - inovasi terbaru terkait tata rias pengantin. Dalam hal ini pihak Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan selaku mitra memberikan peluang bagi anggota dan atau masyarakat guna memiliki ijazah, sertifikat dan piagam. "Acara silaturahmi seperti ini  kita adakan secara rutin setiap bulan, dengan adanya kita berkumpul setidaknya ada nilai lebih demi kemajuan yang menunjukkan bahwa ada kepedulian dan rasa kebersamaan.


 Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi terkait adanya inovasi - inovasi baru tentang tata rias pengantin agar supaya tidak terlalu jauh tertinggal. Pemerintah juga menyediakan berbagai macam  kegiatan, seperti pelaksanaan ujian bagi masyarakat yang tidak mampu. Khusus bagi anggota masyarakat yang belum punya ijazah nantinya bisa ikut ujian. Apabila ada diantara ibu - ibu yang punya usaha tata rias pengantin dan usaha salon juga belum punya ijazah, bagi yang bergabung bisa ikut ujian untuk mendapat ijazah.Selain itu, ada juga kegiatan pelatihan uji kompetensi dan perlombaan dengan memperoleh sertifikat dan piagam penghargaan,"katanya.

Lalu Eka Setiawati berharap pada seluruh anggota tiara kusuma dan katalia Lamtim agar dapat lebih maju, meningkat atau berkembang dan bermanfaat. Sebab aktivitas tata rias bukan hanya sebagai ajang komersial melainkan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dengan cara memberikan pendidikan dan pelatihan gratis.
"Saya juga berharap agar semua anggota bisa lebih maju atau semakin pintar, bagi ibu - ibu bukan hanya bisa ngerias - ngerias saja. Lagipula merias orang lain tidak hanya dijadikan sebagai peluang 1 usaha semata, kalau bisa untuk masyarakat terutama bagi ibu - ibu minimal harus bisa merias diri sendiri,"ujar Eka.


Kemudian Eka bersama pengurus tiara kusuma dan katalia Lamtim rencananya akan mengadakan kegiatan belajar tata rias pengantin secara gratis dan penyelenggaraan lomba tata rias pengantin se-Lamtim.
"Nanti untuk kedepannya kita bisa memberikan program kegiatan belajar tata rias pengantin gratis sebagai program tahunan tapi itu nanti sebab masih dalam tahap rencana. Selain itu kita akan mengadakan lomba untuk ibu - ibu, baik lomba make up pribadi, untuk periasnya akan ada lomba rias pengantin se-Lamtim dan lomba yang lain - lain pokoknya semuanya berkenaan dengan tata rias pengantin,"ucapnya.

Selanjutnya ia mengakui bahwa organisasi tiara kusuma dan katalia merupakan organisasi resmi yang terbentuk hasil musyawarah nasional (Munas) I pada tanggal 16 Januari 1980. Sedangkan dirinya bergabung pada tahun 2013 dan menjabat sebagai ketua tiara kusuma dan katalia berdasarkan surat keputusan dari pengurus pusat di Jakarta. "Kita dilindungi oleh ketua organisasi tiara kusuma dan katalia pusat dan  sudah menerima SK secara resmi karena dipercaya untuk memimpin di Lamtim. Kebetulan saya sudah bergabung sejak tahun 2013 pada organisasi ini yang mayoritas anggotanya terdiri dari ibu - ibu,"pungkas Eka.

Eka Setiawati sebagai ahli kecantikan dan pengusaha salon bernama EGGY Salon dan Decoration beralamat di Desa Sukaraja Nuban Kecamatan Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Demikian halnya dengan Aminah Ketut Wicaksana mempunyai kegiatan yang sama bernama Perintis. Tiara Kusuma adalah persatuan ahli kecantikan dan pengusaha salon Indonesia wadah organisasi sebagai mitra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Ropian Kunang)

No comments:

Post a Comment