Monday, March 28, 2016

Cara Hemat Hidup Sehat

By: R. Kunang
Begitu besar perhatian Pemerintah pada bidang kesehatan dengan salah satu program Kartu Indonesia Sehat, hal itu didasari dengan rasa keprihatinan terhadap kondisi kesehatan masyarakat khususnya bagi rumah tangga miskin. Untuk itu redaksi menyampaikan tentang tambahan tips agar senantiasa kita selalu hidup dalam keadaan sehat karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.
Dilatar belakangi faktor ekonomi masyarakat yang lemah hanya mengenyam pendidikan rendah, sehingga berpengaruh pada kemampuan daya berfikir dan berwawasan yang terbatas baik dikota dan didesa.



Keterbatasan itu tentang bagaimana caranya agar selalu tetap hidup sehat yang tidak menutup kemungkinan terjadi pada masyarakat kalangan elit atau intelektual, dimana keseharian  hanya menerapkan 3 (tiga) pola, yakni menu makan dan olahraga serta istirahat teratur.
Selama ini kita hanya terlena dimana ketiga pola itu belum cukup dan wajib disajikan dengan satu pola tambahan yakni "mandi teratur". Begitu besar manfaatnya mandi baik pagi maupun sore hari, sebaliknya akan berdampak negatif apabila kita melalaikannya.
Bukan hanya sekedar lari pagi saja yang dianggap perlu namun mandi pagi secara teratur itupun perlu dimana hal itu penting dilakukan sebab sangat dibutuhkan guna menjaga ketahanan fisik atau kekebalan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit panas didalam tubuh.
Setelah diamati bagi yang lalai pasti akan mengidap penyakit demam,panas tinggi atau STEP hingga kejang, yang mayoritas dialami oleh para bayi yang berusia 1-5 tahun (balita). Lalu wabah tersebut dapat menimpa pada anak - anak usia 6 - 17 tahun. Kemudian menjalar bagi para usia remaja dan merambah hingga ke usia dewasa serta orang tua usia senja atau manusia usia lanjut (manula) dengan mengalami berbagai jenis penyakit seperti Demam Berdarah Dangue (DBD).
Namun penyakit Mewabah merupakan dampak atau gejala yang disebabkan oleh unsur panas ditubuh yang begitu tinggi. Dimana suhu panas dalam tubuh muncul akibat kita sekeluarga besar lalai melakukan mandi pagi secara teratur sebelum terbit matahari sekitar jam 05:30 WIB.
Hasil pengamatan yang berdasarkan pengalaman  penulis, terdapat berbagai macam jenis penyakit yang timbul akibat panas dalam antara lain : bibir pecah - pecah, sariawan, gusi bengkak dan sakit gigi, air liur terasa pahit, radang tenggorokan alias amandel. Selanjutnya, tubuh terasa demam menggigil suhu badan terasa panas dan dingin, sakit kepala, sakit mata, telinga berdengung hingga tuli, hidung mengeluarkan darah atau mimisan bahkan sampai ke telinga, badan tumbuh bisul, cacar, terjadi pembengkakan atau benjolan dibawah kulit di setiap persendian ( bahasa daerah : gondongan = jawa atau kuyang = Lampung).
Selain itu, kondisi suhu tubuh mengalami panas tinggi yang disebut step bahkan terjadi campak dan folio pada usia balita. Selanjutnya, panas tinggi atau DBD, suhu atau tensi tekanan darah tinggi, lebih fatal pecah pembuluh darah hingga stroke serta disinyalir sebagai penyebab penyakit kanker.
 Kesimpulannya berbagai penyakit diatas adalah dampak akibat suhu panas di dalam tubuh terlalu tinggi sehingga berakibat merusak organ tubuh berupa pecahnya syaraf dan pembuluh darah.
Guna mencegah segala jenis penyakit itu, penulis menghimbau seluruh kalangan masyarakat (stakeholder) utamanya bagi ibu - ibu yang merawat bayi. Tujuannya agar sejak usia dini dapat tumbuh dan berkembang sehat sepanjang hayat, upayakan agar disiplin melakukan mandi pagi secara teratur. Apabila perlu jadikan sebagai kegiatan sehari - hari atau rutinitas tanpa terputus.
Mari berantas faktor keturunan sebagai penyebab timbulnya penyakit, khusus bagi keturunan malas yakni malas mandi pagi karena merasa takut dengan rasa dinginnya air. Hilangkan kebiasaan malas sebab setelah mandi tubuh kita pasti terasa hangat dan segar serta kebal terhadap berbagai macam jenis penyakit diatas. Karena secara perlahan - lahan dalam kurun waktu tertentu penyakit itu akan hinggap ditubuh kita.
Hindari mandi menggunakan air hangat karena tidak baik bagi kesehatan tubuh. Firman Allah SWT : " Dan jadikan dari air segala sesuatu yang hidup, apakah mereka beriman ? " ( Qs. Al Anbiya : 30 ).
Ayat diatas mengisyaratkan bahwa kalau kita ingin hidup lebih sempurna dan sehat,  hendaknya kita mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup baik untuk diminum, membersihkan diri dengan cara mandi dan mandi wajib serta berwudu.
Dengan demikian untuk menuju hidup sehat sepanjang hayat, upayakan agar kita dapat melakukan mandi secara teratur, tepat waktu karena mandi dengan teratur merupakan satu pola atau cara  hidup sehat.
Dengan demikian kita dapat menghemat biaya untuk berobat ke berbagai fasilitas kesehatan tingkat pertama dan lanjutan terutama bagi masyarakat rumah tangga miskin.
Demikian penjelasan penulis, dimana mandi merupakan cara untuk sehat dan semoga bermanfaat. "MANDI CARA UNTUK SEHAT tetapi itu bukan bahasa iklan sabun ......."CARA SEHAT UNTUK MANDI".(RK)



No comments:

Post a Comment